• Jelajahi

    Copyright © wadaslintangcom
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Pentingnya Attitude dalam Bekerja

    Suroso
    , Minggu, Januari 28, 2024 WIB Last Updated 2024-01-29T12:03:07Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Dalam bekerja, kamu harus memiliki sikap yang baik. Lalu, apa sih sikap itu?
    Pada pelaksanannya, dalam ruang lingkup pekerjaan tidak hanya memerlukan skill yang kompeten dan kemampuan otak yang cerdas saja, pekerja juga dituntut untuk memiliki sikap yang baik.

    Bahkan ada pernyataan seperti berikut “Sikap lebih penting daripada keterampilan yang menonjol.” Lalu, kenapa sih memiliki sikap itu penting? Berikut artikel mengenai sikap.

    Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata attitude. Pada pelaksanannya, dalam ruang lingkup pekerjaan tidak hanya memerlukan skill yang kompeten dan kemampuan otak yang cerdas saja, pekerja juga dituntut untuk memiliki attitude yang baik.

    Bahkan ada pernyataan seperti berikut “Attitude lebih penting daripada skill yang menonjol.” Lalu, kenapa sih memiliki attitude itu penting? Berikut artikel mengenai attitude, seperti yang disadur dari : dailysocial.id.

    Foto : ilustrasi wadaslintang.com

    Pengertian Attitude
    Attitude merupakan suatu sikap atau perilaku seorang individu dalam berinteraksi dengan orang lain disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap. Singkatnya, attitude bisa dibilang sebagai sikap seorang individu terhadap suatu hal.

    Karakteristik Attitude
    Attitude memiliki beberapa karakteristik seperti berikut.

    Attitude bukanlah bawaan yang melekat pada individu sejak dilahirkan, melainkan attitude dibentuk sepanjang seorang individu hidup bertumbuh dalam melakukan interaksi dengan orang lain.

    Attitude sifatnya tidak tetap. Artinya, attitude seorang individu bisa berubah-ubah. Banyak sekali faktor yang bisa mengubah attitude seseorang, salah satunya faktor lingkungan dan pergaulan sekitar.

    Attitude tidak bisa berdiri sendiri. Maknanya, attitude selalu terikat dengan relasi tertentu pada sebuah objek.
    Objek attitude bisa berupa hal tertentu, maupun kumpulan hal tertentu. Singkatnya, attitude bisa berkaitan dengan satu objek, juga bisa berkaitan dengan beberapa objek sekaligus.
    Attitude memiliki segi motivasi dan segi perasaan.

    Peran Attitude
    Attitude dikatakan sebagai hal yang melekat pada seorang individu yang berkaitan dengan lingkungan sekitar terutama pekerjaannya. Attitude memiliki peran sebagai berikut:

    1. Attitude Lebih Penting dari HardskillBerbeda dengan skill yang bisa dipelajari, attitude merupakan hal yang terbilang sulit untuk diubah. Pasalnya, attitude attitude hal yang melekat dari individu sejak dilahirkan, sehingga kepribadian tersebut sulit diubah. Seorang pekerja yang memilliki attitude baik bisa dipastikan bekerja dengan baik di lingkungan pekerjaannya.
    2. Meminimalisir Terjadinya Masalah Attitude yang baik, bisa meminimalisir terjadinya permasalahan dalam lingkungan kerja. Dengan attitude yang baik, pekerja akan menciptakan lingkungan kerja yang jauh lebih nyaman. Mulai dari hubungan ke sesama anggota hingga hubungan ke atasan. Tentu saja, segala permasalahan bisa diselesaikan dengan baik.
    3. Meningkatkan Kekompakan Pekerja Attitude saling menghormati sesama pekerja bisa meningkatkan produktivitas pekerja sendiri. Sehingga meningkatnya rasa produktivitas itu juga mendukung perusahaan untuk meningkatkan kualitasnya.

    Contoh Attitude
    Penting dimiliki pekerja, berikut beberapa contoh penerapan attitude yang bisa kamu lakukan.

    1. Disiplin Waktu Pertama, kamu harus disiplin waktu. Dalam ruang lingkup pekerjaan, waktu sangat penting. Sudah pasti kamu harus menghargai waktu orang lain. Contohnya, tidak terlambat datang saat bekerja dan menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.
    2. Menerima Kritik dan MasukanTidak semua orang bisa menerima kritik dan masukan. Kalau kamu memiliki attitude yang baik, kamu harus bisa menerima kritik dan masukan untuk dirimu yang lebih baik ke depannya. Jadikan kritik dan masukan dari orang lain sebagai bahan evaluasi untuk dirimu berubah lebih baik.
    3. Bersikap Sopan Tidak hanya bersikap sopan saja, kamu harus sopan kepada rekan sesama anggota bahkan juniormu sekali pun. Kalau kamu ingin dihargai oleh orang lain, hargailah orang lain terlebih dahulu tanpa memandang status dan latar belakangnya.
    Itulah artikel mengenai attitude. Banyak faktor yang bisa membentuk attitude menjadi baik ataupun kurang baik. Sebisa mungkin kamu memiliki attitude yang baik dalam bekerja. 




    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Untuk Anda