• Jelajahi

    Copyright © wadaslintangcom
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Memburu Dolar Dari Desa

    Suroso
    , Jumat, Januari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-01-29T16:11:21Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Desa sebagai salah satu kekuatan negara saat ini harus ikut berkembang, terutama pada era industri

    Masyarakat desa perlu memahami tentang
    perkembangan teknologi dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Di beberapa negara maju, perkembangan teknologi sudah sangat dimanfaatkan dalam berbagai sektor seperti pertanian, peternakan dan bidang lainnya.

    Meskipun dampak revolusi industri  saat ini belum terlalu terasa di desa-desa yang ada di Indonesia, namun salah satu komunitas di Desa Kaligowong, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo sudah memanfaatkan teknologi sebagai sumber penghasilan. 
    Para anggota komunitas ini memanfaatkan teknologi sebagai sumber penghasil dolar. Komunitas ini bernama Arthulistiwa Community.

    Arthulistiwa Community merupakan sebuah komunitas yang lahir di Desa Kaligowong pada tahun 2018. Komunitas ini terbentuk dan dipelopori oleh para pemuda-pemudi Desa Kaligowong yang berkecimpung di dunia design grafis, terutama dalam bidang pembuatan logo.

    Foto : https://www.behance.net/artulistiwa_official/info

    Foto : screenshoot Google 

    Mereka merasa perlu memiliki wadah untuk mengembangkan diri dan belajar ilmu baru dari orang lain. Selain berfungsi sebagi tempat belajar, komunitas ini juga berfungsi sebagai tempat diskusi para anggotanya sebab di dunia design grafis seringkali muncul beberapa masalah yang tidak bisa di selesaikan oleh individu. Diskusi yang dilakukan bisa secara online maupun offline tergantung seberapa mendesak kebutuhan anggotanya.

    Setiap bulan, komunitas ini selalu mencatat hasil yang diperoleh oleh para anggotanya. Sebagian besar anggota komunitas ini berpenghasilan USD 200-1000 per individu. Rata-rata total dari pendapatan anggota yang tercatat men-capai USD 5000 setiap bulan. Bahkan pada bulan Oktober 2020 tercatat total pendapatan dari seluruh anggota men-capai lebih dari USD 10.000, itu adalah jumlah terbesar yang pernah tercatat sejak berdirinya komunitas ini pada tahun 2018.

    Sampai saat ini anggota Arthulistiwa Community telah mencapai 35 orang. Sebagian besar anggotanya berasal dari Desa Kaligowong, ada beberapa dari desa lain yang bergabung pada komunitas ini seperti dari Desa Sumbersari yang merupakan tetangga Desa Kaligowong. Selain dari tetangga desa, ada beberapa anggota yang berasal dari kabupaten lain selain Wonosobo, seperti dari Kabupaten Kebumen, Magelang, Solo, bahkan Purbalingga. Para anggota dari luar kabupaten Wonosobo tersebut sengaja datang dan bergabung dalam komunitas ini untuk belajar lebih dalam tentang design grafis.

    Arthulistiwa Community sendiri selalu terbuka dan mempersilakan siapapun untuk datang, berkunjung dan belajar bersama.
    Harapan kedepannya, komunitas ini akan menjadi lebih besar dan memiliki usaha dalam berbagai sektor yang masih berhubungan dengan design grafis guna membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Hal tersebut dirasa perlu karena Desa Kaligowong merupakan salah satu desa yang memiliki tingkat urbanisasi cukup tinggi di Kecamatan Wadaslintang.

    Oleh : Yoga Adhi Nugroho, untuk Kegiatan "Workshop Menulis Wadaslintang Keren, dalam rangka Festival Desa Wisata Tahun 2020"  
    *ditulis ulang : wadaslintang.com



    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Untuk Anda